Jumat, 21 Agustus 2015

RPP KURTILAS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Panca Indera Manusia (lidah)
waktu                           :   30 menit

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

C.    Indikator:
  • Menjelaskan bagian-bagian peka alat indra pengecap (lidah)
  • Menyebutkan cara merawat alat indra pengecap (lidah)

D.    Tujuan Pembelajaran :
o   Dengan mencoba merasakan makanan siswa dapat menyebutkan bagian-bagian peka indra pengecap (lidah) dengan benar.
o   Dengan diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan tiga cara merawat lidah dengan benar.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

E.     Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera) :
o   Lidah  (hlm.23)








F.     Metoda Media dan Sumber Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Metode : ceramah, demontrasi, diskusi
o   Media : model lidah, makanan (rasa: manis, asam, asin, pahit)
o   Sumber  : buku Sain SD kelas 4

G.    Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengucapkan salam dan presensi
o   Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pelajaran dengan lagu ”Anggota Tubuh”
o   Apersepsi dengan membahas sekilas lagu dengan tanya jawab
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Bertanya jawab tentang konsep tentang alat indera manusia (lidah).
o   Membentuk kelompok hiterogin dengan anggota 3 siswa
o   Menjelaskan prosedur eksperimen.
v  Elaborasi
*      Diskusi kelompok membahas tentang:
o   Menyebutkan bagian-bagian lidah yang peka terhadap rasa makanan :
-   Pangkal lidah
-   Ujung lidah
-   Tengah pangkal lidah
-   Tengah ujung lidah
*      Guru mengamati dan memberi bimbingan pada kelompok yang mengalami kesulitan.
*      Presentasi hasil kerja kelompok dan membahas bersama .
v  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
*      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
*      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
o   Menyimpulkan materi pembelajaran
o   Melaksanakan evaluasi dan memberikan balikan
o   Memberi motivasi pada siswa

(20 menit)




















(5 menit)

H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan

Tugas Kelompok,
tertulis


Laporan dan unjuk kerja

Objektif

o  Sebutkan 4 bagian lidah yang peka terhadap rasa makanan!


a.       Tes akhir
Soal Formatif
Jawablaw pertanyaan dibawah ini !
1.      Sebutkan 4 bagian lidah yang peka terhadap rasa!
2.      jelaskan cara kerja lidah sebagai indra pengecap!
3.      Jelaskan masing-masing kekepekaan bagian lidah terhadap rasa:
a.      Pengkal lidah merasakan ................
b.      Ujung lidah merasakan .....................
c.       Tengah pangkal lidah merasakan .....................
d.      Tengah ujung lidah merasakan .............

4.      Jelaskan bagai mana cara merawat kesehatan lidah ?
5.      Sebutka  penyakit pada lidah!

Kunci Jawaban
1.      ujung lidah, pangkal lidah, tengah pangkallidah, tengah ujung lidah.
2.      Makanan merangsang ujung saraf lidah diteruskan ke otak sehingga kita dapat merasakan makanan.
3.       
a.      pahit.
b.      manis.
c.       asin.
d.      asam

4.                membersihkan dengan bersih
-               Cukup makan yang mengandung vitamin C
-               Hindari makanan terlalu panas/dingin dapat merusak papila (bintil lidah)
-               Jika sakit segera periksa ke dokter
5.   sariawan.

Skor Penilaian
 No soal
jawaban
Scor maksimal
1
Betul
2
2
Betul
2
3
a. betul
1
b. betul
1
c. betul
1
d. betul
1
4
a. betul 1
1
b. betul 2
2
c. betul 3
3
5
betul
1
            Skor maksimal 12
NA=  jumlah skor diperoleh  X 10
Jumlah skor maksimal





Guru Kelas IV


 DAVID HADI SUSANTO,S.Pd
NIP. 19761220 200801 1 006

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            :   IPA
Kelas/Semester            :   IV/I
Materi                           :  Indra pengecap (lidah)
Tempat                          : di dalam ruang kelas
Waktu                           : 10 menit
Setandar Kompetensi  : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar        : 1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Indikator                       : Menjelaskan bagian-bagian peka alat indra pengecap (lidah)
Menyebutkan cara merawat alat indra pengecap (lidah)

Ringkasan materi         :

Bagian lidah yang peka terhadap rasa:
a.      pengkal lidah : pahit
b.      ujung lidah: manis
c.       tepi tengah: asam
d.      antara ujung dan tepi tengah: asin





 






  1. Cara merawat lidah
a.      Makan makanan yang cukup fitamin C
b.      Hindari makan makanan yang terlalu panas/dingin, karena bisa merusak bintil pengecap
c.       Jika sakit, segera kedokter.
Petunjuk Belajar: kerjakanlah secara berkelompok
Petunjuk Kerja   :
  • Siapkan garam, gula, jeruk, pil
  • Coba rasakan masing-masing makanan diatas
  • Perhatikan bagian lidah mana yang peling peka merasakannya.

Kerjakanlah!



1
Sebutkan bagian-bagian lidah yang peka rasa
-

-

-

-

2
Bicarakan dengan kelompok jelaskan cara merawat lidah!

-



-



-





-









Kelompok:
                                                                 Angota kelompok:    -
                                                                                                   -
                                                                                                   -






Tidak ada komentar:

Posting Komentar