PENGARUH
PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SDN BUMIHARJO 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu
pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai
dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama
belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup
bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan.
Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis,
kreatif, dan produktif. Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin
mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus
terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki
kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca
sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak
dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang
harus dipenuhi. Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat
guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan
inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah
satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu
pendidikan. Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis
untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli
terhadap dunia pendidikan.
B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai
dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan SDN Bumiharjo 2 terhadap Mutu
Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di
sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program
tersebut. Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi
sebagai berikut :
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah?
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah
benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
C. PERUMUSAN MAKALAH.
Berdasarkan
latar belakang makalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan
sebagai berikut :
1.
Bagaimana deskripsi
peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2.
Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BAB II
PEMBAHASAN
·
PERENCANAAN
Perpustakaan
merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan
bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku. Sesuai dengan judul makalah
ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan
perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
A.
TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan
utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan
bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya
adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler,
ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu
menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi
belajar mengajar. Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila
dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan
membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami
isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4.
Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa
dengan menyediakan bahan bacaan yang
bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan
dan memelihara bahan pustaka dengan
baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi
mandiri.
7.
Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik,
efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8.
Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di
sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B.
FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan
tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi
perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif yaitu perpustkaan menyediakan
bahan pustaka yang sesuai dengan
kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan
daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang
rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal
cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi Informatif adalah perpustakaan
menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu
pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan
sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari
informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi Administratif ialah perpustakaan
harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka
serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4.
Fungsi Rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan
juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu,
sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa
maupun oleh guru.
5.
Fungsi Penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan
sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
C.
SUMBANGAN
PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM
PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila
diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah sesungguhnya memberikan
sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan /
peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu
pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru
yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional
dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang
cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap
sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di
perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu
dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada
para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan
efektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam
meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan dapat menimbulkan cinta
membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan
bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan
pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat
memberikan hiburan yang sehat.
10.
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11.
Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan
kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12.
Kegairahan / minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan
sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila
minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan
juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif
terhadap kesehatan anak.
14.
Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan
kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman
diantara mereka.
BAB III
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Berdasarkan
uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di
Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang
prestasi pendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada
pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan
sesuai dengan tujuan dan fungsinya
B.
SARAN
Bertolak dari
peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program
pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai
dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan
yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi
pustakawan yang handal dan profesional.
C.
DAFTAR PUSTAKA
-Buku
Pendidikan Kewarganegaraan Source:makalah-di.blogspot.com
-Soetopo,
Hendyat. 1982. Pengantar Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang.
-Sutisna,
Oteng. 1989. Administrasi Pendidikan Dasar Teoretis untuk Praktek
Profesional. Bandung: Angkasa.
-Prasetyo,
Djoko. 2012. Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah Dasar, , (Online), (http://sdgambiranom.wordpress.com/2008/12/19/perpustakaan-sekolah-sebagai-sumber-belajar/),
Tidak ada komentar:
Posting Komentar